Jarkom awalnya konsep jaringan ini
ditemukan pada tahun 1940an disebuah grup research Harvard University yang
dipimpin oleh Prof. H.Aikem. Jarkon ini awalnya dibuat dengan tujuan memudahkan
proses ataupun penyebaran informasi dalam satu organisasi.
Pada tahun 1940an dimaksudkan untuk memanfaatkan
sebuahperangkat komputer yang harus dipakai bersama. Tugasnya untuk mengerjakan
beberapa proses tanpa harus banyak buang waktu sehingga beberapa program bisa
dijalankan dalam sebuah komputer dalam sebuah antrian.
2. Time Sharing System
Muncul Pada tahun 1990an yaitu merupakan
distribusi proses berdasarkan waktu dikarenakan sebuah komputer harus melayani
banyak terminal yang terhubung didalamnya. Dengan Time Sharing System ini
beberapa terminal dihubungkan secara seri kesebuah pusat komputer atau bisa
deisebut host.
3. Distributed Processing
Pada tahun 1970an yaitu beberapa pusat
komputer mengerjakan sebuah pekerjaan secara paralel untuk melayani banyak terminal
yang terhubung secara disetiap komputer pusat. Penyebab munculnya proses
distribusi ini bahwa perusahaan merasakan adanya beban pekerjaan yang semakin
banyak dan harga perangkat komputer sangat mahal.
4. Peer To Peer System
Ditemukan pada tahun 1980an untuk
menangani proses bersama maupun komunikasi data atau informasi tanpa melalui
komputer pusat yang kemudian memunculkan teknologi jaringan local yang dikenal dengan LAN.
5. Model Client Server
Yaitu memisahkan jelas antara server dan
client. Server memberikan layanan jaringan, dan Client menerima jaringan.
- Menginstalasi JARKOM
Bentuk dari
jaringan yang paling sederhana adalah hubungan antara dua komputer yang ada
dalam sebuah jaringan ada tiga yaitu ;
1. NODE
Adalah titik yang dapat menerima input data dalam
jaringan atau menghasilkan output informasi atau output ke-duanya. Jika node
ini adalah berupa komputer, maka komputer yang satu berfungsi sebagaia pengirim
informasi atau source komputer dan komputer lainnya sebagai penerima informasi
atau destination komputer.
2. LINK
Adalah jalur transmisi yang
menghubungkan dua komputer atau node untuk arus data atau informasi diantara
node. Misalnya ; Kabel, Satelit, dan lain sebagainya.
3. PROTOCOL ENGINE
Yaitu bagian yang mengatur bagaimana dua
node atau komputer dapat saling berkomunikasi melalui link.
0 Komentar
Dilarang menggunakan kata-kata yang mengandung SARAP.