Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Jaringan Komputer (JARKOM)

Jarkom awalnya konsep jaringan ini ditemukan pada tahun 1940an disebuah grup research Harvard University yang dipimpin oleh Prof. H.Aikem. Jarkon ini awalnya dibuat dengan tujuan memudahkan proses ataupun penyebaran informasi dalam satu organisasi.


   1.    Batch Processing ( Proses Beruntun )
Pada tahun 1940an dimaksudkan untuk memanfaatkan sebuahperangkat komputer yang harus dipakai bersama. Tugasnya untuk mengerjakan beberapa proses tanpa harus banyak buang waktu sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dalam sebuah antrian.

   2.    Time Sharing System
Muncul Pada tahun 1990an yaitu merupakan distribusi proses berdasarkan waktu dikarenakan sebuah komputer harus melayani banyak terminal yang terhubung didalamnya. Dengan Time Sharing System ini beberapa terminal dihubungkan secara seri kesebuah pusat komputer atau bisa deisebut host.

   3.    Distributed Processing
Pada tahun 1970an yaitu beberapa pusat komputer mengerjakan sebuah pekerjaan secara paralel untuk melayani banyak terminal yang terhubung secara disetiap komputer pusat. Penyebab munculnya proses distribusi ini bahwa perusahaan merasakan adanya beban pekerjaan yang semakin banyak dan harga perangkat komputer sangat mahal.

   4.    Peer To Peer System
Ditemukan pada tahun 1980an untuk menangani proses bersama maupun komunikasi data atau informasi tanpa melalui komputer pusat yang kemudian memunculkan teknologi  jaringan local yang dikenal dengan LAN.

   5.    Model Client Server
Yaitu memisahkan jelas antara server dan client. Server memberikan layanan jaringan, dan Client menerima jaringan.

  • Menginstalasi JARKOM

Bentuk dari jaringan yang paling sederhana adalah hubungan antara dua komputer yang ada dalam sebuah jaringan ada tiga yaitu ;

1.    NODE
       Adalah titik yang dapat menerima input data dalam jaringan atau menghasilkan output informasi atau output ke-duanya. Jika node ini adalah berupa komputer, maka komputer yang satu berfungsi sebagaia pengirim informasi atau source komputer dan komputer lainnya sebagai penerima informasi atau destination komputer.

2.    LINK
       Adalah jalur transmisi yang menghubungkan dua komputer atau node untuk arus data atau informasi diantara node. Misalnya ; Kabel, Satelit, dan lain sebagainya.

3.    PROTOCOL ENGINE
       Yaitu bagian yang mengatur bagaimana dua node atau komputer dapat saling berkomunikasi melalui link.

Posting Komentar

0 Komentar