Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Jenis - Jenis Jaringan Komputer


Pengertian jaringan komputer sendiri adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih, dimana antara satu komputer dengan komputer yang lainnya saling terhubung oleh sebuah sistem komunikasi, sehingga memungkinkan setiap komputer yang tergabung dalam jaringan tersebut dapat saling tukar-menukar data, program, media penyimpanan, printer, dan lain-lain.


Untuk manfaat dari jaringan komputer pernah kita bahas sebelumnya secara jelas dan detail, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan secara jelas juga jenis-jenis jaringan komputer, jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya, yang bekerja bersama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Dan jaringan komputer ini memiliki tujuan. Tujuan itu  yakni :
  • Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
  • Akses informasi: contohnya web browsing.
  • Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting 
 Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jenis-jenis jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Bila Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitekturini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.


Fungsi dari Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Baik sebelum melangkah kepada hal tentang jenis-jenis jaringan komputer dan gambarnya, tidak ada salahnya kalau anda juga harus memahami fungsi utama dari jaringan komputer itu sendiri seperti apa, dan berikut dibawah ini merupakan penjelasan singkat yang saya carikan dari Wikipedia.

Bila Berdasarkan fungsi, Pada dasarnya setiap jenis-jenis jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer, yaitu :


  • Client-server

Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti Detik Com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban .ac .id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya. Jadi disini di jelaskan bahwa satu komputer bisa sebagai server kepada komputer-komputer lainnya.  


  • Peer-to-peer

Yaitu jenis-jenis jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.  


Jenis-Jenis Jaringan Komputer Selengkapnya   


Setelah tadi diatas sedikit dijelaskan tentang bagaimana fungsi dari jenis-jenis jaringan komputer yang memang lebih kompleks dalam hal penerapannya, maka kali ini kita akan menuju pada pembahasan jenis-jenis jaringan komputer yang juga kami sarikan dari berbagai sumber di google, silahkan disimak : 
bersambung...

Posting Komentar

0 Komentar