Daftar Referensi
:
• Multimedia Alat untuk Meningkatkan
Kebutuhan Bersaing, M. Suyanto, Penerbit Andi Yogyakarta, 2003
• Sistem Multimedia dan Aplikasinya,
Tri Daryanto, Penerbit Graha Ilmu, 2005
• Furht, S. Smoliar, and HJ Zhang,
Image and Video Processing in Multimedia Systems , Kluwer Academic Publishers,
1995
• Multimedia Communications:
Applications, Networks, and Standards, Fred Halsall, Addison-Wesley, 2001
• Digital Multimedia, Nigel Chapman,
Jenny Chapman, Wiley, 2004
• Fundamentals of Multimedia, Mark S.
Drew, Ze-Nan Li, Prentice Hall, 2003
• Multimedia: Computing,
Communications and Appications, Steinmetz & Ralf, Prentice Hall, 1995
Multimedia
Media, merupakan satu bentuk interaksi manusia yang
sesuai dengan kebutuhan dan pemrosesan menggunakan komputer seperti video,
audio, teks, grafik, animasi.
Multi, merupakan gabungan beberapa media tersebut
yang diintegrasikan dalam sistem atau aplikasi yang sama.
Kategori
Multimedia
• Multimedia linier
Suatu
multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat
dioperasikan oleh pengguna atau sekuensial (berurutan).
Ex: TV dan film.
• Multimedia interaktif
Suatu
multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh
pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses
selanjutnya.
Ex: multimedia pembelajaran
interaktif, aplikasi game, internet, dll.
Definisi
Multimedia
• Kombinasi dari 3 elemen (suara,
gambar dan teks) [McCormick, 1996]
• Alat yg dpt menciptakan presentasi
yg dinamis dan interaktif yg mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan
gambar [Robin dan Linda, 2001]
• Pemanfaatan komputer untuk membuat
dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dgn
menggabungkan link dan tool yg memungkinkan pemakai melakukan navigasi,
berinteraksi dan berkomunikasi.
Sejarah Multimedia
• Istilah multimedia berawal dari
teater yaitu pertunjukan yg memanfaatkan lebih dari 1 medium -> pertunjukan
multimedia.
• Sistem multimedia dimulai thn
1980-an dgn diperkenalkannya HyperCard oleh Apple (1987) dan pengumuman IBM
tentang perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC).Tahun 1994 diperkirakan
lebih dari 700 produk dan sistem multimedia ada di pasaran.
• Output multimedia berbentuk citra
digital -> gambar bergerak -> gambar tiga dimensi -> interaktif.
Komponen Multimedia
Pentingya Multimedia
• Multimedia sebagai alat bersaing
perusahaan (sarana promosi), serta meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi.
• Dapat mendorong partisipasi,
keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut.
• Dapat meransang panca indera, karena
dengan penggunaannya multimedia akan meransang beberapa indera penting manusia,
seperti : Penglihatan, pendengaran, aksi maupun suara.
Perkembangan
Multimedia
• Perkembangan multimedia mengikuti
perkembangan internet.
• Seiring dengan perkembangan CD-ROM
drive dan DVD drive.
• Pada akhir abad 20, dua per tiga
rumah tangga di Amerika telah memiliki komputer dan setengahnya terhubung ke
internet.
• Adanya industri telekomunikasi ->
multimedia mobile.
• Memudahkan perusahaan untuk melakukan
merger dan aliansi.
• Multimedia mengubah tempat kerja
(bisa mobile).
• Multimedia mengubah cara orang
berbalanja (teleshopping).
• Multimedia mengubah cara akses
informasi (baca koran).
Karir
pada bidang Multimedia
• Bidang
pemasaran,
• Animasi,
• Perekaman CD/DVD,
• Desain isi Multimedia,
• Electronic publishing,
• Editor elektronik,
• Desain game,
• Desain grafik,
• Desain interface,
• Perencanaan kontruksi Multimedia,
Karir
pada bidang Multimedia
• Pelayanan online,
• Desain presentasi,
• Modelling,
• Penulis naskah,
• Simulasi,
• Sound track,
• Special effects,
• Pelatihan,
• Produksi video,
• Webmaster, dll.
Teknologi
Multimedia
Teknologi
Multimedia : implementasi teknologi multimedia tergantung pada teknologi
seperti :
• Sistem perancangan grafis komputer
• Sistem operasi dan teknik
implementasi
• Sistem Jaringan (network)
• CMS (Content Management Sytem)
• HCI (Human Computer Interaction)
Aplikasi
Multimedia
Bidang Bisnis
• Presentasi
• Pemasaran (Telemarketing)
• Periklanan
• Demo produk
• Katalog, dll
Bidang Pendidikan
• Tutorial
• Simulasi dan pelatihan
• E-Learning
• dll
Aplikasi
Multimedia
Bidang Hiburan
• Games
• Video-on-demand (VOD) : Pengguna
bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server (dokumen
berita, entertaintment, film, musik, dll).
Bidang Virtual
Reality
• Menggunakan elemen dasar multimedia
seperti : imagery, suara dan animasi.
• Mengharuskan adanya umpan balik
(feedback) dari user multimedia interaktif.
TEKS (TEXT)
Jenis-jenis Teks
• Plain Text (Unformatted Text)
• Teks merupakan data dalam bentuk
karakter,
• Teks dalam hal ini adalah kode ASCII
(American Standard Code for Information Interchange) dan ASCII extension
seperti UNICODE murni,
• Tiap-tiap karakter direpresentasikan
oleh 7 bit “binary digit” (desimal = 0-127),
• Contoh plain text adalah disaat mengetik dengan menggunakan notepad (.txt)
Jenis-jenis
Teks
Formatted
Text (Rich Text Format)
Serangkaian
karakter format yang telah didefinisikan. Contoh rich text adalah pada saat
kita mengetik dengan menggunakan Wordpad (.rtf) dll.
Pada
Wordpad plain teks telah diformat sedemikian rupa dengan menggunakan aturan (tag/tanda)
tertentu sehingga teks tersebut dapat dibold, italics, underline, diwarna,
diganti font, dan lain-lain.
Hypertext
Diperkenalkan
oleh Ted Nelson (1965),
Hypertext
adalah teks yang memiliki fasilitas linking.
Contoh
hypertext :
• HTML (Hypertext Markup Language)
• XML (eXtensible Markup Language)
GAMBAR /
IMAGE
• Gambar (image) merupakan suatu
representasi spatial
dari suatu obyek, dalam pandangan 2D atau 3D,
• Gambar digital merupakan suatu
fungsi dengan nilai-nilai yang berupa intensitas cahaya pada tiap-tiap titik
pada bidang yang telah diquantisasikan (diambil sampelnya pada interval
diskrit),
• Titik dimana suatu gambar di-sampling disebut picture element (pixel),
GRAFIK
(GRAPHICS)
Ada 2 jenis
grafik:
• Raster : dimana setiap pixel didefinisikan secara
terpisah (Bitmap Graphic)
• Vector : dimana formula matematika digunakan untuk menggambar graphics primitives (garis,
kotak,
lingkaran,elips, dll) dan menggunakan attributnya (Vector Graphic)
Gambar
vektor biasanya berukuran lebih kecil, gambar tidak pecah, semua manipulasi
dilakukan melalui rumus.
Grafik tidak
hanya terdiri dari gambar-gambar statis.
Grafik
dapat dimanipulasi secara dinamis :
• Motion dynamics : obyek / background
bergerak
• Update dynamics : obyek berubah
bentuk, warna, dll
Format
File Gambar
Bitmap
(.BMP)
• Format gambar yang paling umum dan
merupakan format standar Windows.
• Ukuran filenya sangat besar karena
bisa mencapai ukuran Megabytes.
• File ini merupakan format yang belum
terkompresi dan menggunakan sistem warna RGB (Red, Green, Blue) dimana
masing-masing warna pixelnya terdiri dari 3 komponen, R, G, dan B yang dicampur
menjadi satu.
• File BMP dapat dibuka dengan
berbagai macam software pembuka gambar seperti ACDSee, Paint, IrvanView dll.
FORMAT
FILE GAMBAR
Joint Photographic
Expert Group (.JPEG/JPG)
• Format JPG merupakan format yang
paling terkenal sekarang ini.
• Hal ini karena sifatnya yang
berukuran kecil (hanya puluhan/ratusan KB saja), dan bersifat portable.
• File ini sering digunakan pada
bidang fotografi untuk menyimpan file foto.
• File ini bisa digunakan di web (internet).
FORMAT
FILE GAMBAR
Graphics
Interchange Format (.GIF)
• Format GIF ini berukuran kecil dan
mendukung gambar yang terdiri dari banyak frame sehingga bisa disebut sebagai
gambar animasi (gambar bergerak).
• Format ini sering sekali digunakan
di internet untuk menampilkan gambar-gambar di web.
FORMAT
FILE GAMBAR
Portable
Network Graphics (.PNG)
• Format yang standar dan sering
digunakan di internet untuk menampilkan gambar atau pengiriman gambar.
• Ukuran file ini cukup kecil dan
setara dengan ukuran gif dengan kualitas yang bagus. Namun tidak mendukung
animasi (gambar bergerak).
Format
gambar bentuk lain seperti TIFF (Tagged Image File Format), ICO (Icon), EMF
(Enchanced Windows Metafile), PCX, ANI (Animation), CUR (Cursor), WBMP (WAP
BMP), PSD (Adobe Photoshop Document), CDR (Corel Draw), dll.
0 Komentar
Dilarang menggunakan kata-kata yang mengandung SARAP.