Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

PENGANTAR MULTIMEDIA


Daftar Referensi :

       Multimedia Alat untuk Meningkatkan Kebutuhan Bersaing, M. Suyanto, Penerbit Andi Yogyakarta, 2003

       Sistem Multimedia dan Aplikasinya, Tri Daryanto, Penerbit Graha Ilmu, 2005

       Furht, S. Smoliar, and HJ Zhang, Image and Video Processing in Multimedia Systems , Kluwer Academic Publishers, 1995

       Multimedia Communications: Applications, Networks, and Standards, Fred Halsall, Addison-Wesley, 2001

       Digital Multimedia, Nigel Chapman, Jenny Chapman, Wiley, 2004

       Fundamentals of Multimedia, Mark S. Drew, Ze-Nan Li, Prentice Hall, 2003

       Multimedia: Computing, Communications and Appications, Steinmetz & Ralf, Prentice Hall, 1995

Multimedia

Media, merupakan satu bentuk interaksi manusia yang sesuai dengan kebutuhan dan pemrosesan menggunakan komputer seperti video, audio, teks, grafik, animasi.

Multi, merupakan gabungan beberapa media tersebut yang diintegrasikan dalam sistem atau aplikasi yang sama.

Kategori Multimedia

       Multimedia linier

Suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna atau sekuensial (berurutan).
Ex: TV dan film.

       Multimedia interaktif

Suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya.
Ex: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, internet, dll.

Definisi Multimedia

       Kombinasi dari 3 elemen (suara, gambar dan teks) [McCormick, 1996]

       Alat yg dpt menciptakan presentasi yg dinamis dan interaktif yg mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar [Robin dan Linda, 2001]

       Pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dgn menggabungkan link dan tool yg memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi dan berkomunikasi.

Sejarah Multimedia

       Istilah multimedia berawal dari teater yaitu pertunjukan yg memanfaatkan lebih dari 1 medium -> pertunjukan multimedia.

       Sistem multimedia dimulai thn 1980-an dgn diperkenalkannya HyperCard oleh Apple (1987) dan pengumuman IBM tentang perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC).Tahun 1994 diperkirakan lebih dari 700 produk dan sistem multimedia ada di pasaran.

       Output multimedia berbentuk citra digital -> gambar bergerak -> gambar tiga dimensi -> interaktif.

Komponen Multimedia


Pentingya Multimedia

       Multimedia sebagai alat bersaing perusahaan (sarana promosi), serta meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi.

       Dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut.

       Dapat meransang panca indera, karena dengan penggunaannya multimedia akan meransang beberapa indera penting manusia, seperti : Penglihatan, pendengaran, aksi maupun suara.

Perkembangan Multimedia

       Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet.

       Seiring dengan perkembangan CD-ROM drive dan DVD drive.

       Pada akhir abad 20, dua per tiga rumah tangga di Amerika telah memiliki komputer dan setengahnya terhubung ke internet.

       Adanya industri telekomunikasi -> multimedia mobile.

       Memudahkan perusahaan untuk melakukan merger dan aliansi.

       Multimedia mengubah tempat kerja (bisa mobile).

       Multimedia mengubah cara orang berbalanja (teleshopping).

       Multimedia mengubah cara akses informasi (baca koran).

Karir pada bidang Multimedia

       Bidang pemasaran,

       Animasi,

       Perekaman CD/DVD,

       Desain isi Multimedia,

       Electronic publishing,

       Editor elektronik,

       Desain game,

       Desain grafik, 

       Desain interface,

       Perencanaan kontruksi Multimedia,

Karir pada bidang Multimedia

       Pelayanan online,

       Desain presentasi,

       Modelling,

       Penulis naskah,

       Simulasi,

       Sound track,

       Special effects,

       Pelatihan,

       Produksi video,

       Webmaster, dll.

Teknologi Multimedia

Teknologi Multimedia : implementasi teknologi multimedia tergantung pada teknologi seperti :
       Sistem perancangan grafis komputer

       Sistem operasi dan teknik implementasi

       Sistem Jaringan (network)

       CMS (Content Management Sytem)

       HCI (Human Computer Interaction)

Aplikasi Multimedia

Bidang Bisnis

       Presentasi

       Pemasaran (Telemarketing)

       Periklanan

       Demo produk

       Katalog, dll

Bidang Pendidikan

       Tutorial

       Simulasi dan pelatihan

       E-Learning

       dll

Aplikasi Multimedia

Bidang Hiburan

       Games

       Video-on-demand (VOD) : Pengguna bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server (dokumen berita, entertaintment, film, musik, dll).

Bidang Virtual Reality

       Menggunakan elemen dasar multimedia seperti : imagery, suara dan animasi.

       Mengharuskan adanya umpan balik (feedback) dari user multimedia interaktif.

TEKS (TEXT)

Jenis-jenis Teks

       Plain Text (Unformatted Text)

       Teks merupakan data dalam bentuk karakter,

       Teks dalam hal ini adalah kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange) dan ASCII extension seperti UNICODE murni,

       Tiap-tiap karakter direpresentasikan oleh 7 bit “binary digit” (desimal = 0-127),

       Contoh plain text adalah disaat mengetik dengan menggunakan notepad (.txt)

Jenis-jenis Teks

Formatted Text (Rich Text Format)

Serangkaian karakter format yang telah didefinisikan. Contoh rich text adalah pada saat kita mengetik dengan menggunakan Wordpad (.rtf) dll.

Pada Wordpad plain teks telah diformat sedemikian rupa dengan menggunakan aturan (tag/tanda) tertentu sehingga teks tersebut dapat dibold, italics, underline, diwarna, diganti font, dan lain-lain.

Hypertext

Diperkenalkan oleh Ted Nelson (1965),
Hypertext adalah teks yang memiliki fasilitas linking.

Contoh hypertext :

       HTML (Hypertext Markup Language)

       XML (eXtensible Markup Language)

GAMBAR / IMAGE

       Gambar (image) merupakan suatu representasi spatial dari suatu obyek, dalam pandangan 2D atau 3D,

       Gambar digital merupakan suatu fungsi dengan nilai-nilai yang berupa intensitas cahaya pada tiap-tiap titik pada bidang yang telah diquantisasikan (diambil sampelnya pada interval diskrit),

       Titik dimana suatu gambar di-sampling disebut picture element (pixel),

GRAFIK (GRAPHICS)

Ada 2 jenis grafik:

       Raster : dimana setiap pixel didefinisikan secara terpisah (Bitmap Graphic)

       Vector : dimana formula matematika digunakan untuk menggambar graphics primitives (garis, kotak, lingkaran,elips, dll) dan menggunakan attributnya (Vector Graphic)

Gambar vektor biasanya berukuran lebih kecil, gambar tidak pecah, semua manipulasi dilakukan melalui rumus.

Grafik tidak hanya terdiri dari gambar-gambar statis.

Grafik dapat dimanipulasi secara dinamis :
       Motion dynamics : obyek / background bergerak

       Update dynamics : obyek berubah bentuk, warna, dll

Format File Gambar

Bitmap (.BMP)

       Format gambar yang paling umum dan merupakan format standar Windows.

       Ukuran filenya sangat besar karena bisa mencapai ukuran Megabytes.

       File ini merupakan format yang belum terkompresi dan menggunakan sistem warna RGB (Red, Green, Blue) dimana masing-masing warna pixelnya terdiri dari 3 komponen, R, G, dan B yang dicampur menjadi satu.

       File BMP dapat dibuka dengan berbagai macam software pembuka gambar seperti ACDSee, Paint, IrvanView dll.

FORMAT FILE GAMBAR

Joint Photographic Expert Group (.JPEG/JPG)

       Format JPG merupakan format yang paling terkenal sekarang ini.

       Hal ini karena sifatnya yang berukuran kecil (hanya puluhan/ratusan KB saja), dan bersifat portable.

       File ini sering digunakan pada bidang fotografi untuk menyimpan file foto.

       File ini bisa digunakan di web (internet).

FORMAT FILE GAMBAR

Graphics Interchange Format (.GIF)

   Format GIF ini berukuran kecil dan mendukung gambar yang terdiri dari banyak frame sehingga bisa disebut sebagai gambar animasi (gambar bergerak).

       Format ini sering sekali digunakan di internet untuk menampilkan gambar-gambar di web.

FORMAT FILE GAMBAR

Portable Network Graphics (.PNG)

       Format yang standar dan sering digunakan di internet untuk menampilkan gambar atau pengiriman gambar.

       Ukuran file ini cukup kecil dan setara dengan ukuran gif dengan kualitas yang bagus. Namun tidak mendukung animasi (gambar bergerak).

Format gambar bentuk lain seperti TIFF (Tagged Image File Format), ICO (Icon), EMF (Enchanced Windows Metafile), PCX, ANI (Animation), CUR (Cursor), WBMP (WAP BMP), PSD (Adobe Photoshop Document), CDR (Corel Draw), dll.


Semoga bermanfaat yach Sobat KS ^_^ ..

Posting Komentar

0 Komentar