Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Objek Wisata Populer di Papua

1. Raja Ampat
Raja ampat yang berarti Empat Raja merupakan salah satu tujuan wisata di Papua yang paling terkenal. Raja Ampat merupakan surganya bawah laut. Sekitar 75% jenis terumbu karang di seluruh dunia ada di sini. Tak salah jika Raja Ampat dijuluki sebagai Rumahnya Terumbu Karang di dunia. Tidak hanya itu, Raja Ampat juga memiliki fauna bawah air yang kaya. So, jika anda penggemar diving, maka Raja Ampat adalah tempat yang wajib Anda kunjungi dan rasakan pengalaman menyelam yang menakjubkan.

2. Danau Santani

Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua dengan luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau ini terletak di bagian timur Papua tepatnya di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops yang memiliki luas sekitar 245 ribu hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Sentani yang berarti “di sini kami tinggal dengan damai” adalah tempat yang sangat indah dan damai sehingga banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Di danau ini juga terdapat 21 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini.

3. Puncak Jayawijaya

Objek wisata yang terkenal lainnya di Papua adalah Puncak jayawijaya. Puncak salah satu gunung tertinggi di dunia ini sangat langka dan menakjubkan. Bagaimana tidak, negara yang di lalui garis khatulistiwa ini ternyata bisa memiliki salju. Hal ini membuktikan betapa tingginya puncak Jayawijaya ini, sebab meskipun di negara tropis namun puncak Jayawijaya ini selalu diselimuti salju tebal dan dijuluki sebagai salju abadi. Itulah sebabnya banyak pendaki dari berbagai negara datang ke Puncak Jayawijaya untuk mencoba dan merasakan sensasi mendaki di sini.

4. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah taman nasional perairan laut terluas di Indonesia. Taman Nasional yang diresmikan sejak tahun 1993 oleh Menteri Kehutanan ini, memiliki luas sebesar 1.453.500 ha, terdiri dari daratan dan pesisir pantai (0,9%), daratan pulau-pulau (3,8%), terumbu karang (5,5%), dan perairan lautan (89,8%). Di Teluk Cendrawasih terdapat 14 jenis flora yang dilindungi. Sebagian besar terdiri dari jenis pohon kasuarina. Selain itu, di taman nasional ini juga terdapat 36 jenis burung, di mana 18 di antaranya dilindungi. Terdapat pula 196 jenis moluska, 209 jenis ikan, dan beberapa penyu (penyu sisik, hijau, belimbing, dan sisik semu). Wilayah ini juga merupakan tempat tinggal yang nyaman bagi paus dan lumba-lumba. Kedua jenis hewan ini dapat tinggal dengan tenang di sini karena tidak ada pemburu paus ataupun lumba-lumba, serta masih berlimpahnya makanan yang disediakan Teluk Cendrawasih bagi mereka.

5. Wisata Sejarah Papua

Salah satu kegiatan favorit wisatawan di papua adalah menelusuri tentang peninggalan sejarah. Peninggalan arkeologi di wilayah Papua berasal dari zaman prasejarah di era Mesolitikum dengan aktivitas utama berburu dan meramu. Peninggalan arkeologi dari zaman ini misalnya Grotto Dudumunir di Pulau Araguni, Kecamatan Fakfak, Papua Barat. Di tempat ini juga ditemukan beberapa artefak seperti alat pengeruk dan mata panah. Relik dari era yang sama juga ditemukan dalam bentuk lukisan pada dinding gua dan batu seperti di Bukit Tutari, Kecamatan Doyo Lama, Jayapura, Papua. Relik arkeologi yang tersebar hampir seluruh Papua merupakan aset yang sangat berharga. 


Sumber : Wikipedia  Google
Semoga bermanfaat ^_^

Posting Komentar

0 Komentar